Menghayati Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

February 21, 2017 / Comments (1)

Civic News Uncategorized

Terletak di kaki Gunung Merapi yang sejuk, tepatnya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Museum Ullen Sentalu tersembunyi di balik rimbun pepohonan yang menutupi sebagian besar lokasi ini. Museum ini menjadi satu-satunya museum di Indonesia yang membahas tentang kebudayaan Jawa, mulai dari tarian, sastra, hingga kebiasaan masyarakat Jawa yang telah ada 1.600 tahun semenjak zaman Mataram Kuno.

Museum ini serasa seperti sebuah kapsul waktu yang menyimpan cerita Kerajaan Jawa. Untuk menjelajahi museum ini, pemandu akan mengantarkan pengunjung ke beberapa ruangan yang dibagi sesuai dengan temanya.

Beberapa ruangan menceritakan sejarah tentang perpecahan Kerajaan Jawa, tokoh-tokoh berpengaruh, hingga seluk-beleuk tentang batik Jogja dan batik Solo. Suasana perkampungan masyarakat Jawa pada zaman dahulu juga ditampilkan dalam museum ini.

Beberapa koleksi asli dari Keraton Yogyakarta juga dipamerkan di museum sebagai bahan pembelajaran untuk para pengunjung. Yang menarik, pengunjung tidak diperbolehkan untuk mengabadikan gambar sepanjang perjalanan menjelajahi berbagai ruangan museum, mengingat di dalamnya terdapat beragam karya seni autentik dari masa kejayaan budaya Jawa.

Museum Ullen Sentalu dibuka untuk umum mulai Senin hingga Jumat pukul 08.30 hingga pukul 16.00. Dengan hanya membayar Rp 30 ribu untuk wisatawan Nusantara dan Rp 50 ribu untuk wisatawan mancanegara, Anda sudah bisa menikmati eksostisme budaya Jawa, sambil menghirup ramuan tradisional Jawa yang menyegarkan saat istirahat.

 

One Response to :
Menghayati Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

  1. Don Rodger says:

    Thanks for your marvelous posting! I seriously enjoyed reading it, you may be a great author.I will remember to bookmark your blog and may come back from now on. I want to encourage you to definitely continue your great posts, have a nice morning!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *